Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 17 Desember 2012

Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun 2012-2013


Kisi-kisi soal Ujian Nasional (UN) 2013 untuk tingkat SD, SMP dan SMA/SMK yang akan diadakan sekitar bulan April 2013 masih terus disempurnakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) beserta Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Seperti tahun-tahun sebelumnya biasanya kisi-kisi soal UN baru diumumkan menjelang akhir tahun. Sedangkan untuk kisi-kisi soal UN 2013, Pemerintah yang semula menargetkan sudah bisa diumumkan kepada masyarakat pada bulan Oktober ini, ternyata diundur menjadi minggu ketiga bulan November.

Adanya rencana pemerintah untuk membuat 20 variasi/paket soal ujian nasional (UN) untuk setiap mata pelajaran di setiap ruang ujian, memerlukan persiapan khusus. Persiapan tersebut diantaranya Pemerintah yang diwakili oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) masih terus menyempurnakannya. Dengan berbekal kisi-kisi tersebut, calon peserta UN bisa lebih dini mempersiapkan diri, juga para guru pembimbing akan memberikan arahan secepatnya dengan mengacu pada kisi-kisi yang dibuat Kemdikbud dan BNSP tersebut.

Menurut penjelasan Kabalitbang Kemendikbud, pihaknya sudah menyelesaikan pembuatan draf kisi-kisi soal UN, terutama untuk SMA sederajat. Draf kisi-kisi soal itu harus lebih dulu dilaporkan ke Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP). Setelah mendapat pengesahan dari BSNP, baru kisi-kisi ini dilansir atau disebarkan ke masyarakat, sehingga dapat dimanfaatkan oleh para guru dan siswa untuk persiapan menghadapi UN 2013 mendatang. 


Pada tahun 2012 sebaran tingkat kesulitannya untuk soal yang mudah hanya 10 persen, soal dengan bobot sedang 80 persen dan soal yang sukar sebanyak 10 persen. Sementara untuk tahun 2013, soal sukar akan ditambah menjadi 20 persen. Soal yang sedang berkurang jadi 70 persen. Yang mudah tetap 10 persen tapi ini masih dianalisis.


Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Prof. Mohammad Nuh, sebaran bobot soal akan disesuaikan dengan tidak adanya kenaikan batas minimum kelulusan. Tapi yang mungkin adalah menyebar tingkat kesulitan soalnya. 


Peningkatan kualitas ujian nasional (UN) itu harus dilakukan karena UN SMA/MA/SMK) merupakan salah satu acuan penerimaan calon mahasiswa baru melalui SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri) jalur undangan.

Pembuatannya juga didasarkan dan dikembangkan pada kurikulum yang tengah diajarkan guru pada anak didiknya. Untuk itu, pendalaman materi bagi anak didik sebenarnya dapat dilakukan tanpa menunggu kisi-kisi.

Tidak hanya itu, sekolah juga bisa memanfaatkan hasil evaluasi dan kajian penyerapan pelaksanaan UN pada tahun lalu. Dari evaluasi dan kajian tersebut, digambarkan secara jelas penyerapan masing-masing mata pelajaran. 

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya kisi-kisi Ujian Nasional biasanya tidak mengalami perubahan yang signifikan, hanya ada sedikit revisi untuk penyempurnaan saja.Sebagai tahap awal persiapan  Ujian Nasional 2013 berikut ini adalah kisi-kisi UN tahun lalu dari BSNP, silahkan Anda Download DISINI....

SK Tahun 2013 bisa didownload disini

Sumber dari BNSP 

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blogroll