Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 31 Juli 2013

Cara cek SK Tunjangan Profesi dan fungsional

Apakah anda sudah melihat SK Tunjangan sertifikasi anda? Berikut ini cara untuk melihat SK Tunjangan Profesi atau biasa disebut dengan SKTP untuk PTK Dikmen (Pendidikan Menengah) SMA dan SMK . Dalam website ini juga terdpat laporan realisasi pembayaran tunjangan profesi untuk PTK Dikmen.
Langsug saja kita ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama kita buka website PTK Dikmen di link berikut ini:
http://ptkdikmen.kemdiknas.go.id/kemdikbud-klienkeu/ (Untuk PNS-->Tunjangan Profesi)
http://ptkdikmen.kemdiknas.go.id/kemdikbud-dekonkeu/ (Untuk Non PNS-->Tunjangan Profesi Non-PNS, Fungsional, dan Khusus)
lalu pilih pada bagian kiri CEK SK TUNJANGAN PROFESI Pilih Tunjangan Profesi, isikan NUPTK atau Nama Anda pada kolom yang telah disediakan, Lalu KLIK CARI lihat gambar berikut ini :


Setelah muncul hasil pencarian lalu KLIK DETAIL, maka akan kita lihat gambar sebagai berikut ini :


Selasa, 16 Juli 2013

Perbedaan Problem Based Learning dan Project Based Learning (Pembelajaran berbasis masalah dan Pembelajaran berbasis projek)

Banyak yang masih bingung apa beda problem based learning (pembelajaran berbasis masalah) dan project based learning (pembelajaran berbasis projek), bukankah bagaimana menghasilkan produk dalam projek juga merupakan masalah? Ada juga yang menyamakan keduanya. ada juga yang menyatakan bahwa project based learning seharusnya digunakan untuk pembelajaran individual, sementara problem based learning dalam kelompok kecil.
Namun demikian, saya sendiri leb ih sepakat dengan Savin-Baden (2003) yang tidak membandingkan keduanya dalam kerangka mana yang lebih efektif untuk pembelajaran akan tetapi bagaimana rencana pembelajaran atau kurikulum disusun untuk kedua pendekatan pembelajaran tersebut.
Perbandingan yang dilakukan oleh Savin - Baden (2003) adalah sebagai b erikut.



Komponen
Project based learning
Problem based learning
focus
Diharuskan menghasilkan produk dalam bentuk laporan atau desain
Tidak harus menghasilkan produk
Peran guru/tutor
supervisor
Fasilitator
Pemecahan masalah
Siswa diharuskan menghasilkan solusi atau strategi untuk memecahkan masalah
Pemecahan masalah merupakan salah satu bagian dari proses bukan fosus dalam manajemen masalah
Pemberian materi pelajaran
Dalam bentuk berbagai macam tipe pembelajaran diberikan sepanjang projek
Difokuskan pada pembelajaran siswa sendiri. ceramah juga digunakan untuk mendukung belajar siswa bukan hanya memberi arah belajar
Peran siswa
Siswa terlibat dalam pemilihan projek (kadang-kadang dari daftar yang sudah ditentukan)
Siswa mungkin memilih skenario masalah walaupun biasanya masalah disampaikan oleh guru. Siswa harus mendefinisikan apa dan bagaimana mereka belajar
Posisi dalam pembelajaran
Sesudah siswa menguasai semua materi.
Dianggap sebagai mekanisme untuk menyampaikan beberapa materi dalam satu aktivitas
Digunakan untuk memahami materi.
Didasarkan pada premis bahwa pembelajaran terutama akan terjadi pada lintas disiplin termasuk pada awal pembelajaran
Peran kelompok
Ada untuk menyelesaikan projek
Harus bekerja sama selama proses pembelajaran dan kerja tim merupakan komponen pembelajaran
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

adf